Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

Marhaban yaa Ramadhan



           Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. Waktu melesat cepat mendahului kita hingga kita tanpa tersadar telah melalui hari demi hari, jam demi jam, menit demi menit, dan detik demi detik begitu saja. Tapi apakah selama ini kita sudah mengisi waktu – waktu kita dengan sebaik – baiknya dan melakukan hal – hal yang baik?. Mungkin hanya sedikit hal yang telah kita lakukan. Dan taukah kalian bahwa semakin hari waktu pun telah mengikis umur ini sedikit demi sedikit. Mengambil semua hal yang kita miliki. Seperti kesehatan yang semakin lama semakin rapuh, penglihatan yang semakin lama semakin kabur, rambut yang semakin lama semakin memutih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Seiring dengan itu semua hal yang kita miliki pun akan ikut habis termakan zaman hingga nanti pada waktunya pun tiba. Maka dari itu umur dan waktu yang masih kita miliki, yang Allah swt masih berikan kepada kita mari kita gunakan dengan sebaik mungkin untuk mencari dan menimbun amal – amal sholeh kita sebagai bekal kita di akhirat nanti.
            Sudah hampir setahun terlewat bulan yang sangat di nanti – nanti kedatangannya oleh seluruh umat muslim yang ada diseluruh dunia. Bulan yang suci. Bulan yang penuh akan rahmat dan karunia – Nya. Bulan yang di dalam nya terdapat malam yang sangat amat istimewa, yaitu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Taukah kalian bulan apa itu?. Tentu saja itu bukan bulan Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November, ataupun bulan Desember. Tapi bulan ini ada dalam penanggalan hijriyah. Yak! Tentu saja kalian semua tau. Itu adalah bulan Ramadhan.
            Bulan Ramadhan adalah bulan dimana dalam sebulan penuh kita (umat muslim) diwajibkan untuk berpuasa dan berzakat. Mengapa puasa dan zakat itu dilakukan? Yak, puasa itu merupakan menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga dari terbit fajar (waktu imsak) hingga terbenam nya matahari (waktu maghrib). Sedangkan zakat merupakan memberikan sebagian harta kita kepada fakir miskin, dhuafa, dan anak yatim piatu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Biasanya zakat diberikan ke petugas BAZ (Badan Amil Zakat) yang ada di masjid atau musholla atau langgar, yang kemudian akan disalurkan kepada pihak yang berhak menerimanya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan diri dan jiwa dari segala macam dosa yang pernah kita lakukan selama ini agar kelak kita menjadi fitrah.
            Selain berpuasa dan berzakat tentu banyak hal yang mesti kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Kita harus memperbanyak amal ibadah kita dengan cara, yang biasanya sholatnya masih sering bolong di bulan suci ini kita harus mau berubah kita harus rajin sholat 5 waktu + dengan sholat sunnah nya seperti sholat teraweh, sholat taubat, duha, hajat, tahajud, tasbih dsb. Serta tak lupa untuk membaca Al – Qur’an. sebaiknya di bulan Ramadhan seperti ini kita seharusnya lebih memperbanyak amal pahala kita, karena di bulan suci ini Allah swt. memberikan pahala yang sangat berlipat ganda kepada umat – Nya yang mau beribadah dengan sungguh – sungguh kepada – Nya, apalagi ada satu malam yang dijanjikan oleh Allah swt. yang mana malam ini lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Maksudnya apabila kita sebagai umat muslim beribadah dengan khusyuk, beristikaf di masjid dan berdoa meminta kepada Allah swt. pada malam lailatul qadar maka kita akan mendapatkan pahala yang lebih baik dari pada pahala yang kita lakukan selama seribu bulan. Subhanallah...
            Nah! Mumpung kita masih diberi umur panjang, dan masih diberi kesempatan untuk bertemu lagi dengan bulan Ramadhan ini oleh Allah swt. mari kita pergunakan waktu ini untuk memperoleh pahala dari Allah swt. jangan sampai kita menyesal dikemudian hari. Siapa tau tahun depan kita sudah tak lagi disini, siapa tau tahun depan kita sudah tak sanggup membuka mata dan sanggup bangun kembali dan tak bisa bertemu dengan bulan Ramadhan ini lagi. Na’udzubillahminzalig ....

0 komentar:

Posting Komentar