Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

Si Manis dari Timur Tengah


            “Dan goyanglah pangkal pohon itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu...”(QS. Maryam: 25 – 26). 
              Nah, kalian tau gak sih buah kurma? Jangan – jangan pada belum tau. Kalau tau buahnya pasti kalian pernah liat buahnya kan?. Yap, kalian bakal sering liat buah ini pas menjelang bulan Ramadhan. Buah bakal membanjiri setiap pasar – pasar Ramadhan, hingga swalayan – swalayan terkenal sekalipun. Pasti masih penasaran seputar tentang buah yang satu ini kan?. Oke deh, yuk kita bahas bareng.
           
Apaan sih kurma itu?
            Kurma adalah buah yang rasanya manis. Kurma itu memiliki biji di tengahnya, daning buahnya berwarna kecoklatan dan teksturnya kenyal jika kalian memakannya. Kurma sering disebut sebagai buah tamar. Sekilas pohon kurma mirip dengan pohon palem dan dapat tumbuh hingga ± 30 meteran. Nama latin buah kurma yaitu Phoenix dactylifera. Cantiknya ya namanya.

Sumber energi, bener gak sih?
            Rasa manis dalam buah kurma menandakan kalau kurma mengandung zat gula. Zat gula dalam kurma ini dapat membantu kita menambah tenaga kita. Bener gak sih?. Jadi begini guys, kurma dikenal dengan buah yang kaya sumber energi. Kadar gula dalam kurma itu sekitar 57%. Selain itu, si manis ini juga memiliki manfaat lain yang berguna + membantu kita loh, antara lain :
1.      Buah kurma ini dapat mencegah penyakit jantung, maupun penyakit kanker.
2.      Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol dalam usus.
  1. Kurma juga sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Selain itu juga bisa menjaga kulit agar tetap sehat. Dan diketahui apabila kita banyak makan buah – buahan yang mengandung vitamin A itu bisa melindunggi dari kanker paru-paru dan rongga mulut agar tetap sehat dan segar, loh.
4.      Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik bagi tubuh kita.
5.      Selain itu juga mengandung kalsium, kalium, mangan, tembaga, dan magnesium yang baik bagi tubuh kita, yang dapat menjaga tubuh kita agar tetap kuat.
6.      Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks.
7.      Dan, yang terakhir buah ini mengandung kadar gula yang mudah dicerna bagi tubh. Jadi, bagi penderta diabetes gak usah takut untuk mengonsumsi buah ini ya.

Dari mana sih asal si manis?  
            Kurma hanya bisa tumbuh di daerah padang pasir, lho guys. Buah kurma tidak akan masak jika suhu sekitarnya tidak panas ataupun tandus. Kira – kira si manis ini butuh sekitar 55 derajat Celcius. Wuih, panas banget! Bayangin aja kalau kita ada di tempat sepanas itu, lanjut. Kurma itu tidak hanya berasal dari Timur Tengah, daerah panas lain juga bisa menghasilkan kurma, yaitu negara bagian Amerika Serikat, California juga loh. Wow, hebat ya.

Sajian berbuka Rasullah Saw
Ada dua jenis pohon kurma, yakni pohon kurma jantan dan pohon kurma betina. Biasanya pohon kurma itu :
·         Bisa berusia kira – kira mencapai ratusan tahun.
·         Membutuhkan waktu sekitar 7 tahunan agar bisa berbuah, loh.
Sekali berbuah, satu pohon bisa menghasilkan sekitar 80 – 120 kg kurma. Subhanallah, banyak juga ya guys.


SEKILAS TAU AJA!
            Rasulullah Saw. sangat menyukai buah kurma. Rasulullah biasa berbuka puasa menggunakan buah kurma. Rasul juga menganjurkan umatnya untuk berbuka uasa dengan memakan beberapa butir kurma sebelum menunaikan ibadah shalat Maghrib. Yang biasanya dianjurkan 3, 5, 7, ... butir dan seterusnya. Yang penting jumlah butirnya ganjil.

0 komentar:

Posting Komentar