Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

Sistem Alat Gerak pada Manusia

Sistem Gerak pada Manusia
Manusia memiliki 206 tulang. Apabila tulang-tulang itu disambung maka akan membentuk rangka. Fungsi dari rangka antara lain :
·         Penyalur gaya, membuat tubuh dapat melakukan berbagai posisi
·         Menopang organ-organ tubuh yang ada didekatnya
·         Rangka adalah alat gerak pasif manusia. Adanya rangka tubuh, gerakan yang dihasilkan oleh otot dapatterfasilitasi secara optimal
·         Rangka tubuh brfungsi melindungi bagian-bagian tubuh terpenting
·         Sum-sum tulan dapat menghasilkan sel darah
Berdasarkan sifat penyusunnya tulang terbagi menjadi 2 kelompok :
1.       Jaringan tulang spons
Adalah : jaringan tulang dengan rongga-rongga didalamnya. Dengan struktur berongga, tulang dapat mempertahankan kekuatannya (sehingga dapat menopangg badan), sambil memperingan berat tulang secfara keseluruhan.
2.       Jaringan tulang kompak/padat
Adalah : jaringan yang terdapat pada bagian terluar dari sebuah tulang. Selain memperkuat tulang, bagian padat ini juga berfungsi untuk menahan tekanan dari goncangan.
Dalam jaringan ini, terdapat silinder kecil yang diberi nama osteon. Osteon tersusun rapat satu sama lain dan dihubungkan oleh saluran longitudinal (kanal havers) dan melintang (transversal), canal (kanal voltmann) yang berisi saraf pembuluh limfa dan pembuluh darah.
                Rangka tubuh manusia dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok, yaitu :
1)      Rangka sumbu tubuh
Terdiri atas :
-          Tulang tengkorak
-          Tulang dada
-          Tulang belakang
-          Tulang rusuk
2)      Rangka tambahan
Terdiri ats :
-          Tulang gelang bahu
-          Tulang gelang panggul
-          Alat gerak tangan
-          Alat gerak kaki
Hubungan antar tulang disebut persendian/artikulasi. Berdasarkan sifat geraknyaa, artikulasi/persendian dibedakan menjadi :
a.       Sendi mati (sinartrosis)
Adalah : hubungan antartulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerak. Penghubung antartulangnya adalah : jaringan ikat. Sendi mati terdapat pada hubungan antartulang tengkorak (sutura) dan hubungan antartulang pembentuk gelang panggul.
b.      Sendi kaku (amfiartrosis)
Adalah : hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya sedikit gerak (gerak terbatas). Penghubung antar tulangnya adalah : jaringan tulang rawan. Sendi kaku terdapat pada hubungan antara tulang rusuk dan tulang dada, hubungan antartulang pergelanngan kaki, dan hubungan antarruas tulang-tulang belakang.
c.       Sendi gerak (diartrosis)
Adalah : hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerak yang bebas. Pada kedua ujung tulang yang berhubungan satu sama lain itu terbentuk rongga sendi yang berisi minyak sendi (cairan sinovial). Berdasarkan arah gedraknya, sendi gerak dibedakan menjadi :
a)      Sendi peluru, yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerak ke segala arah. Pada sendi ini slah satu ujung tulang berbentuk lekukan seperti mangkok, sedangkan ujung tulang yang lain berbentuk bonggol yang masuk kedalam lekukan ujujng tulang pasangannya, Kedua ujung tulang itu dibungkus oleh jaringan ikat atau ligmen. Contoh sendi peluru adalah hubungan antar tulang lengan dengan gelang bahu dan hubungan tulang paha dengan gelang panggul.
b)      Sendi engsel, yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerak satu arah (seperti engsel pintu atau jendela). Contoh sendi engsel adalah siku dan lutut.
c)       Sendi putar, yaitu sendi yang memungkinkan salah satu tulang bergerak berputar terhadap tulang yang lain. Contoh sendi putar adalah hubungan tulang atlas dengan tulang pemutar dan hubungan tulang hasta dengan tulang pengumpil.
d)      Sendi geser, yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya sedikit gerakan bergeser. Contoh sendi geser adalah hubungan antar tulang pergelangan tangan dan tulang telapak tangan.
e)      Sendi pelana, yaitu sendi yang memungkinkan terjadinya gerak dua arah. Contoh sendi pelana adalah hubungan antar tulang ibu jari dan tulang telapak tangan. 

0 komentar:

Posting Komentar