Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

Laporan Kegiatan Ramadhan


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya dan perlindungan-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan Ramadhan saya ini tepat pada waktunya.
            Dalam pelaksanaan karya tulis ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak yang tidak mungkin penulis ucapkan satu persatu. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih sebesar - besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam pelaksanaan karya tulis ini.
Penulis sadari, bahwa dalam karya tulis ini masih mengandung banyak kesalahan dan kekurangan yang perlu diperbaiki. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan dari pembaca demi kesempurnaannya karya tulis ini sehingga sesuai dengan apa yang diharapkan.
Pada akhir kata, penulis meminta maaf atas banyaknya kesalahan yang penulis perbuat. Besar harapan penulis semoga karya tulis ini mampu memberikan manfaat bagi para pembaca.





                                                                                           Balikpapan, 30 Juli 2014
                                                                                       Penulis,
                                                           

                                                                                       Siti Dewi Barokatul Fadhilah








DAFTAR ISI

Kata Pengantar   .........………………………………………... 1
Daftar isi   ..........................…………………………………..... 2
Bab I :            PENDAHULUAN
                        I.1      Latar Belakang   ...………………………………... 3
                        I.2      Rumusan Masalah   ...............…………………...... 5
                        I.3      Tujuan Kegiatan  ..………............……................... 5
I.4       Metode Kegiatan  .....…………………………...... 5
Bab II :  ISI
II.1       Pengertian Ramadhan  ........................................... 6
II.2       Kegiatan selama bulan Ramadhan  ……………..... 6
II.3      Hikmah bulan Ramadhan  ....................................... 7
Bab III : PENUTUP
III.1       Kesimpulan   ....………………………………... 9
III.2       Saran           …………………………..……….  9
LAMPIRAN  ............................................................................ 10

















BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
            Segala puji saya curahkan kepada kehadirat Allah swt yang telah menciptakan alam semesta ini beserta isinya, dan tak lupa pula salam selalu kita haturkan keada junjungan nabi besar kita Nabi Muhammad saw yang merupakan utusan Allah swt yaitu nabi akhir jaman. Allah yang kita Junjung tinggi perintah-Nya, kita jauhi larangan-Nya, yang telah menurunkan Al Qur’anul karim untuk menata kehidupan agar hidup nikmat selamat dunia dan akhirat. Persembahan tiada henti salam dan shalawat kepada Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, para sahabat dan para pengikutnya.
            Rasa gembira meliputi hati segenap kaum muslimin di penjuru dunia, karena telah datang bulan yang amat dirindukan, bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah, bulan penuh ampunan, rahmat, dan pembebasan dari api neraka. Dimana di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an dan Lailatul Qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan. Segala amal kebaikan akan dilipatgandakan nilai ganjarannya.
            Rasa gembira yang tak terperi akan kehadiran bulan Ramadhan adalah bentuk keimanan seorang muslim. Dan dari rasa gembira itu membuat Allah Ta’ala mengharamkan api neraka untuk menyentuh jasadnya. Namun meski demikian, kita harus mempersiapkan segala sesuatu untuk mengisi bulan Ramadhan tersebut. Agar itu semua mampu menghadirkan amal-amal terbaik didalamnya dan Ramadhan tidak berlalu sia-sia dari kehidupan kita, tanpa meninggalkan kemuliaan sedikitpun.
            Menyiapkan hati dan jiwa menjelang bulan Ramadhan dengan cara bertobat kepada Allah Ta’ala, yaitu menyesali segala kelalaian dan kesalahan, memperbaiki hubungan dengan orang-orang di sekitar kita seperti istri, anak-anak, orangtua, saudara, tetangga, teman dan orang-orang yang kita kenal, serta menebarkan kebaikan dan kebahagiaan di hati setiap manusia adalah sebagai upaya agar Ramadhan kita berjalan penuh makna. Selain itu semua kita mesti membuat perencanaan yang cerdas untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan yang tersusun apik yang membuat kualitas taqwa kita semakin meningkat dan terbawa pada bulan-bulan lainnya, selain bulan Ramadhan.
            Terutama zaman era globalisasi dan modern, banyak pada generasi muda bangsa yang meninggalkan bahkan melupakan ajaran agamanya. Seperti yang kita ketahui, angka rendahnya moral pemuda bangsa saat ini sangat memperihatinkan.  Jika hal ini terus berlangsung, maka tidak heran jika kehancuran dunia ini yang menjadi tanggungannya. Perusakan moral oleh para generasi muda bangsa sudah setiap hari dapat kita lihat, seperti contohnya : seks bebas, hamil diluar nikah, tawuran, kekerasan yang dilakukan para siswi, dll.
            Hal ini harus segera ditangani, apa jadinya bangsa ini bila para generasi mudanya telah hancur sebelum meneruskan pembangunan di Negara tercinta kita ini. Perusakan moral diatas disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seperti salah satunya : kurangnya perhatian orang tua terhadap kehidupan sang anak, kurangnya pembibitan dan pengamal nilai-nilai luhur maupun agama yang kuat terhadap diri anak itu sendiri. Masalah ini bukanlah masalah yang sepele apalagi masalah yang setiap harinya bisa dibicarakan tanpa adanya upaya penanggulan.
            Maka dari itu semoga dengan adanya kegiatan di bulan ramadhan ini dapat membantu dan menjaga kita perbuatan yang keji dan tercela tersebut dan agar kita lebih mendekatkan diri kita kepada Allah swt. Adapun kegiatan – kegiatan yang bernilai positif yang dapat kita lakukan yang akan mendatangkan amalan sholeh/sholehah, antara lain :
1.      Sholat berjamaah di masjid
2.      Bertadarus Al – Qur’an
3.      Berpuasa
4.      Bershodaqoh /  infaq
5.      Berzakat , dan sebagainya.
Semoga dengan ini kita bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi dan lebih sholeh / sholehah lagi. Amin.













I.2 Rumusan Masalah
1.      Apa itu bulan ramadhan ?
2.      Apa saja kegiatan – kegiatan yang dapat kita lakukan selama bulan ramadhan ?
3.      Apa hikmah dari kegiatan – kegiatan yang kita lakukan ini ?

I.3 Tujuan Kegiatan
     Tujuan dari pembuatan laporan kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya Pendidikan Agama Islam dikalangan siswa/i muslim guna menanggulangi perusakan moral yang tengah gencar terjadi di kalangan masyarakat. Dan memberikan pengetahuan kepada kita semua manfaat dan hikmah dari kegiatan religius yang kita lakukan selama bulan ramadhan ini. Serta menjadikan kita menjadi muslim yang lebih sholeh / sholehah.

I.4 Metode Kegiatan
      Metode Kepustakaan Þ Mengumpulkan data melalui berbagai sumber untuk refrensi dalam penulisan karya tulis.
    Metode Observasi     Þ  Melakukan pengamatan materi karya tulis secara langsung.
















BAB II
ISI

II.1 Pengertian Ramadhan 
     Bulan Ramadhan adalah bulan dimana dalam sebulan penuh kita (umat muslim) diwajibkan untuk berpuasa dan berzakat. Mengapa puasa dan zakat itu dilakukan? Yak, puasa itu merupakan menahan hawa nafsu, lapar dan dahaga dari terbit fajar (waktu imsak) hingga terbenam nya matahari (waktu maghrib). Sedangkan zakat merupakan memberikan sebagian harta kita kepada fakir miskin, dhuafa, dan anak yatim piatu sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Biasanya zakat diberikan ke petugas BAZ (Badan Amil Zakat) yang ada di masjid atau musholla atau langgar, yang kemudian akan disalurkan kepada pihak yang berhak menerimanya. Hal ini dilakukan untuk membersihkan diri dan jiwa dari segala macam dosa yang pernah kita lakukan selama ini agar kelak kita menjadi fitrah.
     Di bulan yang penuh rahmat dan berkah ini kita sebagai umat manusia terutama umat muslim kita lebih memperbanyak amal ibadah kita di bulan ini. Karena dibulan inilah semua amalan – amalan baik dilipat gandakan, dan begitu pula amalan buruk yang kita lakukan di bulan ini. seperti amalan ibadah yang dapat kita lakukan yaitu antara lain : melakukan sholat berjamaah, memperbanyak ibadah – ibadah sunnah, bertadarus Qur’an, berpuasa, bersedekah, berinfaq, berzakat, dsb. Apalagi ada satu malam yang sangat amat istimewa di dalam bulan ramadhan, yaitu malam Lailatul Qadar. Yang merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Apabila kita sebagai umat muslim dapat memperoleh malam lailatul qadar itu, maka seperti amalan ibadah kita di bulan ramadhan ini terasa lengkap. Subhanallah ....

II.2 Kegiatan selama Bulan Ramadhan 
Berikut merupakan tabel daftar kegiatan keagamaan yang saya lakukan di bulan Ramdhan.
Hari
Subuh
Dzuhur
Ashar
Maghrib
Isya’
Puasa
Teraweh
Tadarus
Ket.
1

2

3

4

5

6

7
×
×
×
×
×
×
×
×
H
8
×
×
×
×
×
×
×
×
H
9
×
×
×
×
×
×
×
×
H
10
×
×
×
×
×
×
×
×
H
11
×
×
×
×
×
×
×
×
H
12
×
×
×
×
×
×
×
×
H
13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30


Keterangan :
H : Halangan
√ : Melakukan ibadah
× : Tidak melakukan ibadah


II.3 Hikmah bulan Ramadhan 
Adapun kegiatan lain yang saya lakukan selama bulan ramadhan. Seperti : membantu pekerjaan rumah orang tua. Apalagi saya ini kan bersekolah di SMA Negeri 10 Samarinda, yang merupakan sekolah berasrama yang menyebabkan saya jarang bertemu dengan keluarga saya. Sehingga kesempatan liburan selama bulan ramadhan seperti ini sangat saya gunakan untuk membantu kedua orang tua saya, apalagi saya adalah anak sulung dari tiga bersaudara, anak dari bapak Rachmad Suseno dan ibu Sri Utami. Dan adapun salah satu pengalaman yang paling berkesan selama bulan ramadhan, saat saya membantu ibu saya untuk berkebun memanen belimbing dan menjualnya di Lapangan Merdeka. Subhanallah... itu membuat saya sadar dan mengerti bahwa mencari uang itu tidaklah mudah. Selama ini orang tua saya membanting tulang dari pagi sampai malam untuk anak – anaknya. Mereka tidak peduli mereka harus terbakar teriknya sinar matahari atau menggigil oleh dinginnya malam. Mereka terus berusaha agar dapat memenuhi kebutuhan keluarga dan  anak – anak mereka. Kami berjualan dari jam 15.00 – 18.00 WITA. Dibawah teriknya siang kami berteriak sambil menjajakan dagangan kami agar segera laris. Walaupun kami berpuasa kami tidaklah lelah dan berputus asa. Malah ini menjadi salah satu motivasi kami untuk tetap semangat.  Dan Alhamdulillah... Allah swt. memang sungguh adil. Allah tau mana hambanya yang berusaha keras dan tulus serta berikhtiar padanya. Allah swt. memberikan rejeki pada kami. Sehingga kami pulang tak membawa hasil yang hampa. Sehingga bagi saya bulan ramadhan ini sangatlah berhikmah bagi saya, yaitu seperti : saya dilatih untuk lebih sabar untuk menahan hawa nafsu saya, saya lebih mengahargai waktu bersama kedua orang tua saya, yang dulunya saya jarang membantu kedua orang tua saya sekarang saya menjadi lebih rajin membantu mereka, saya menjadi tau susahnya mencari uang yang selama ini orang tua saya lakukan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga ramadhan tahun depan kami masih bisa berkumpul dan bertemu bersama lagi, Aamiin.














BAB III
PENUTUP

III.1 Kesimpulan
Dengan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan – kegiatan yang kita lakukan selama bulan ramadhan ini melatih diri kita untuk lebih sabar dalam menahan hawa nafsu, melatih kita untuk berikhtiar  tawakal kepada Allah swt. dalam memperoleh rahmat dan berkahnya dibulan ramadhan ini. Karena insyallah dengan kita berpuasa, sholat berjamaah, bertadarus Qur’an kita bisa menjadi manusia yang lebih sholeh/sholehah dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

III. 2 Saran
Bagi kalian yang belum menjalankan ibadah puasa, sholat berjamaah atau pun bertadarus Qur’an dibulan – bulan biasanya, selama bulan ramadhan kalian harus lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. karena dibulan inilah seluruh amalan sholeh dilipat gandakan,  maka berlomba – lomba lah untuk mendapatkan berkah dan rahmatnya. Jangan sampai ini adalah ramadhan terakhir kita, Na’udzubillahminzalig....
















LAMPIRAN

Kegiatan berkebun selama bulan ramadhan
           
 
Pohon Belimbing

Ketika Memetik Belimbing

Buah Belimbing yang masih Segar

Saat Saya Memanen Hasil Panenan


Kegiatan membantu ibu membuat kue lebaran di rumah 




0 komentar:

Posting Komentar