Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

SENI TARI

1)      Tari adalah dalah salah satu jenis gerak selain senam, bela diri, akrobatik, atau pantomime. Sebagai seni, tari memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan seni-seni lain. 

2)      Seni tari secara umum memiliki aspek-aspek gerak, ritmis, keindahan, dan ekspresi. Selain itu, seni tari memilki unsur-unsur ruang, tenaga, dan waktu.

3)      Ruang berhubungan dengan posisi, tingkatan, dan jangkauan. Posisi berhubungan dengan arah hadap dan arah gerak. Arah hadap, seperti menghadap kedepan, kebelakang, serong kanan, dan serong kiri, arah gerak, contohnya menuju kedepan, kebelakang, memutar, atau zigzag. 

4)      Fungsi dan Peranan Seni Tari :
a)   
·        Seni tari sebagai sarana upacara.
·        Seni tari senagai hiburan
·        Seni tari sebagai penyaluran terapi.
·        Seni tari sebagai media pendidikan
·        Seni tari sebagai media pergaulan
·        Seni tari adalah kolektif, artinya penggarapan tari melibatkan beberapa orang. Oleh      karena itu, kegiatan tari dapat berfungsi sebagai sarana.
·        Seni tari sebagai media pertunjukkan
·        Seni tari sebagai media katarsis (Katarsis berarti pembersihan jiwa. Seni tari sebagai  media katarsis lebih mudah dilaksanakan oleh orang yang telah mencapai   taraf atas, dalam penghayatan seni)


5)      Tari Tradisi Nusantara.
a)      Tradisional atau sering disebut tradisi berarti warisan budaya yang sudah cukup lama hidup dan berkembang secara turun menurun. Pada umumnya, tari-tari tradisional digarap secara baik dengan memperhatikan kaidah-kaidah seni pertunjukan sehingga tari tradisional merupakan seni yang bernilai artistik cukup tinggi. Tari tradisi semacam ini disebut tari tradisional klasik.

6)   Jenis tari daerah
 
1. Berdasarkan sifat dan sejarah
Tari tradisi ada 2 macam yaitu tari tradisi kerakyatan dan klasik, yaitu :
Tari tradisi kerakyatan berfungsi sebagai tari hiburan, pergaulan, maupun sebagai wujud rasa syukur. Ciri-ciri tari kerakyatan adalah gerak tari, irama, maupun rias busananya sederhana dan sering disajikan secara berpasangan atau kelompok.
Contoh : Tari Jaran Kepang (Jawa), Tari Jaipong (Jawa Barat), tari Banyumasan dan tari Janger (Bali), Tari Saman(Aceh), tari Tayupan (Jawa Tengah).

Tari tradisonal klasik awalnya berkembang di lingkungan kaum bangsawan istana. Bentuk gerak tarinya sudah dibakukan/tidak bisa diubah. Perkembangan tari tradisional klasik lebih sulit karena pada awalnya hanya dilakukan dalam kelompok bangsawan. Fungsi tari klasik sebagai sarana upacara kerajaan dan dapat, tetapi sekarang juga berfungsi sebagai sarana hiburan. Bentuk gerak, irama, penghayatan, rias dan busananya terkesan lebih estetis dan mewah disbanding dengan tradisional kerakyatan. Contohnya : Tari Bedaya, tari Srimpi, tari Lawung (Jawa Tengah), tari ngremo dari Jawa Timur, tari Rejang dan tari Sangyang (Bali). 

7)   Tari Kreasi Baru
      Tari Kreasi Baru adalah gerak tari baru yang merupakan perpaduan gerak tari tradisional kerakyatan dengan tradisional klasik.
Contoh tari kreasi baru :
Dari Bali : Tari Oleg Tambulilingan, Tari Panji Semirang, Tari Tenun, Tari Wiranata
Dari Jawa : Tari Kupu-Kupu, Tari Merak, Tari Kijang, Tari Angsa.

8) Berdasarkan bentuk penyajian 
a)      Tari tunggal adalah tarian yang disajikan secara individu/sendiri, baik laki-laki atau perempuan. Contoh : tari Gatutkaca Gandrung, Gambiranom, Menak Koncar.
b)      Tari berpasangan adalah tari yang dilakukan berpasang-pasangan. Mereka harus saling melengkapi saling mengisi dan melakukan respon dengan pasangannya.
Contoh tari berpasangan : Karonsih, Srikandi Suradiwati, Minakjingga Dayun, Srikandi Mustakaweni, dll.
c)      Tari kelompok adalah tarian yang ditarikan oleh 3 orang atau lebih. Tari kelompok memerlukan kerjasama yang lebih baik dibandingkan dengan tari berpasangan.
Contoh : - tari Bedaya Semang ditarikan oleh 9 orang putri (Yogyakarta)
- tari Bedaya Ketawang ditarikan oleh 6 orang putri (Surakarta)
- Tari Srimpi ditarikan 4 orang putri (Jawa Tengah)
- Tari Lawung ditarikan 4 orang putra (Jawa Tengah)

9)   Unsur pendukung tarian, yaitu :
a. Tata Rias dan Busana
b. Property seni tari
Property adalah kelengkapan dan peralatan dalam penampilan atau peragaan menari.
c. Irama musik / pengiring tari

2 komentar:

  1. umm,,,,klo boleh,, fungsi dan peranan seni tari dijelaskan atu2 dunk,,, beserta contoh tarinya.. okay sistaa?? tiqyuw..

    BalasHapus
  2. kurang jelas neng penjelasannya ..
    perbedaan jenis2 tarian nya koq ga ada .. HOAM

    BalasHapus