Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

Liburan yang ISTIMEWA ....

Hai, teman-teman! Kenalin nama aku Siti Dewi Barokhatul Fadhila, biasa di panggil Kiki sih kalau di rumah. Tapi kalau temen-temen mau panggil aku Siti atau Dewi juga nggak papa. Karena kan ada pepatah mengatakan bahwa “Tak kenal maka tak sayang” jadi, temen-temen boleh manggil aku dengan sebutan apa aja kok, asalkan nyambung aja hehehehehe J. Aku bersekolah di SMP Negeri 1 Balikpapan. Dulu aku duduk di kelas 8 RSBI 2, tapi sekarang aku duduk di kelas IX RSBI 1, lho. Yah, lumayan ada peningkatan :D.
     Liburan sekolah semester 2 ini aku sih nggak kemana - mana, cuma dirumah. Tapi tetep, liburan diisi dengan sesuatu yang mengasyik dong. Paling sih di rumah aku cuma nonton TV bareng adekku atau aku buka internet untuk nonton video di youtube, nonton MV Terbarunya Suju yang "Sexy, Free, and Single" dan "SPY".

Tapi terkadang aku sama adekku, Rama biasanya kalau sudah nonton TV yaa, udah deh nggak usah ditanya pastinya berebutan dah. Dia pingin nonton kartun kesukaannya "Oggy and the Cockroaches" dan "Tom and Jerry"

dan akunya pingin nonton "Yang Dibawah Umur" dan "Tukang Bubur Naik Haji".

Udah berantem deh kita. Adekku nangis aja, aku yang dimarahin sama emakku. :-/ Tau sendiri adekku kalau udah nangis ngadu ke emak terus nggak mau berhenti nagisnya. Pusing aku...
Tapi dimana - mana yang namanya kakak beradik itu paling berantem bentar udah baikan lagi. Abis, hidup tanpa berantem sama adek itu serasa hidup nggak berwarna. Hehehe... =))

Dari pada boring, aku mau cerita nih temen – temen, soal liburan ku 2 tahun lalu di Jawa. Waktu itu aku pulang ke Jawa itu karena bertepatan mau Lebaran Idul Fitri, kalau nggak ada acara atau event tertentu aku juga nggak mungkin bakal bepergian jauh. Abisnya males dan tau sendiri kan kalau aku orang penting yang banyak dicariin sama orang – orang. So, aku banyak job yang harus gue di kerjakan, hehehe ... Tapi, aku juga nggak tau nih mau mulai dari mana. Ikutin aja yah alurnya, yaa mudah – mudah pada ngerti deh.
    2 tahun lalu nih, aku itu pulang ke rumah nenek ku yang ada di Jawa. Tepatnya, di Desa Trenggalek, Kota Tulungagung, Jawa Timur. Aku berangkat ke sana itu nggak Cuma sendirian ajalah, pastinya sama kedua orang tuaku tersayang, dan dua adik laki – lakiku, Febru dan Rama. Waktu itu kita berangkat naik pesawat LION AIRLINES kalau nggak salah sih jam 04.30an sampai sana kalau nggak salah juga sih jam 05.25. Sampai sana tuh aku sekeluarga dah di jemput sama supir dan mbak sepupuku, mbak Vivi. Berhubungkan kapal yang ditumpangi sama karyawannya ibuku bareng datengnya, yaa sekalian aja dibarengin gitu. Kasihan kan kalau mensti naik bus lagi, sudah di kapal desek – desekan, mesti naik bus, CAPEK DEH!! Anggaplah beramal baik sama orangkan pas puasa jadi berkah. Bukan begitu Bapak-bapak/ibu-ibu/saudara/i semua... Lanjut, pas ke Pelabuhan Perak, ibu ku tanya ke orang – orang yang lagi duduk – duduk di sana, katanya kapal yang dari Balikpapan itu belum dateng. Datengnya barusan jam 9.00 malam waktu sana. Double what?, aku nganga denger hal itu. So, kita mutusin untuk cari Restoran untuk buka puasa. Tapi, saat OTW(On The Ways) itu untuk nyari Restoran yang bener – bener terlihat kayak restoran itu susahnya minta ampun deh. Maksudku, nyari RESTORAN yang bersih, halal, enak, + murah itu susah di daerah Perak sana. Dah hampir setengah jam kita keliling – keliling, akhirnya kita menemukan restoran yang bersih, halal, tapi kayaknya sih enak + agak mahal abis banyak banget mobil yang parkir dan sama sekali kagak ada motor parkir disana semuanya mobil, tapi ya udah lah gak papa dan kita pun memutuskan untuk stay dan buka puasa di restoran itu. Pas masuk, double Jleepp..!! Ternyata itu adalah RESTORAN TIMUR TENGAH, tau kan itu artinya apa? Semua yang makan disana tuh orang Arab semua, makanannya pun juga serba Arab alias Kambing/domba lah. Mana ibuku kan punya asam urat so, kagak boleh tuh makan yang berbau Kambing. Pertama yang aku liat disana tuh place – nya alias restorannya, yah lumayan lah bersih memang. Yang kedua customer – nya dan pastinya dah jelas dong. Yang ketiga, menunya. Yang bikin aku gak abis pikir tuh, menunya itu semuanya gak ada yang ngerti arti menunya, yah nasi mandhi kambing , nasi mandhi ayam, dkk. Yang keempat, ini yang bikin pusing mata, HARGAnya, Na’udzubillah! Masyallah! Buseett... muuaahhaaaalll banget dah, nggak perlu disebutin, ntar jadi aib lagi. So, kita disana Cuma pesen minum aja deh. Pada tau nggak apa yang terjadi? Sampe waktu maghrib dah mau abis, itu minuman semua belum pada dianterin sama pelayanannya itu. Kalau kalian jadi kita nih, jengkel nggak kalau pesanan makan/minuman nggak dianter-anter. Pasti jengkel kan. So, kita Cuma numpang sholat maghrib aja disana, dan untuk pesanan makannya sih ibuku dah batalin semua, tapi sebelum dibatalin ibuku tuh sempet tanya sama pelayanannya, “mbak pesanannya dah dibuat kah, mbak?” dan kata si pelayan “belum bu” . karena itu kita langsung go out dari sana, ya walaupun sama si pemilik restonya kita dikasih air mineral gelas gratis, yah LUMAYAN daripada LUMANYUN yaa nggak sih.
    Dan akhirnya kita dah ngebatalin puasa Cuma dengan segelas air mineral dibagi – bagi. Abis itu, kita keliling lagi tuh nyari restoran. Dari pada lama – lama kita sepakat untuk nyari Rumah Makan Padang. Pas ketemu RM. Padang yang pertama tuh seneng banget, tapi pas diliat lagi ternyata tutup. Dan kita keliling nyar resto lainnya, sampe akhirnya ada tuh palang tulisannya RM. PADANG BUNDO, pas diampirin tutup juga, jadi double TUTUP nih!. Entah kenapa pas waktu itu banyak banget warung, toko, swalayan yang tutup, jadi kita kesusahan nyari makan nih. Tapi karena Allah swt. masih sayang sama kita semua, pas kita dah pasrah tuh, akhirnya ketemu deh RM. PADANG yang nyempil. Tapi gak papa, yang penting bisa buat makan. Dan disitu kita ngisi perut sampe kenyang.
    Setelah kenyang, kita balik ke Pelabuhan Perak. Kira – kira dah jam 10.30 malam tuh nunggu lama banget, mana digigit nyamuk nih badan, pulang – pulang bentol – bentol semua, akhirnya datangnya juga tuh kapal. Dan kita semua pada naek travel yang dah bapakku sewa untuk menuju Kota Tulungagung, kira – kira dari Surabaya itu ke Tulungagung tuh 4-5 jam. Selama perjalanan, aku tidur. Karena bagian dari perjalanan yang paling enak tuh selain shopping tuh tidur dalam perjalanan.
    Pas aku bangun, tiba – tiba dah sampai Nganjuk waktu itu juga dah waktunya sahur. Jadinya, kita mampir bentar lah di warung buat sahur. Soalnya, perjalanan itu masih lama takutnya keburu IMSAK. Setelah semua kenyang, yaa kita lanjut pulang. Dalam perjalanan itu aku tidur lagi, abis masih ngantuk. Selama perjalanan aku tidur, nggak terasa dah sampe Trenggalek, jadi kita pada dianterin satu – persatu ke rumah masing – masing. Dan akhirnya giliran aku dan keluarga ku yang dianter pulang. Seneng banget rasanya dah sampe tujuan dengan selamat sentosa.
    Sesampainya di rumah mbah putri dan mbah kakung ku, aku langsung salaman, setelah itu bantu-bantu angkat barang. Setelah itu, aku langsung sholat Subuh berjamaah dengan Bapakku. Setelah sholat, tidur melanjutkan mimpi sampai pagi.
    Besoknya itu masih puasa, rasanya itu beda banget puasa di Balikpapan sama disini. Kalau di Jawa itu panas banget suasananya, banyak debu, sepi lagi nggak ada orang yang jual Ta’jil dan waktu buka puasanya juga lama nggak kayak di Balikpapan. Pokoknya beda deh, 180 derajat. Tapi gak boleh ngeluh, besokkan dah Lebaran entar malem dah Takbir, wiihh senengnya hati ini .
    Setelah seharian berpuasa, akhirnya hari ini lega banget dengerin suara adzan, buka bareng, sholat bareng, dan dengerin suara takbir itu rasanya hati ayem bener sambil bersih – bersih dan nyiapin kue – kue buat lebaran besok, oh ya plus cicip – cicip kue, hehehehe  ...
    Langsung di skip aja, paginya itu kita semua langsung pada bangun jam 05.00 pagi, langsung mandi dan bersolek alias dandan. Ya iyalah secara gitu hari Kemenangan Umat Islam ya harus tampil perfect, gitu!. 06.15 pagi kita pada ke Musholla bareng-bareng, seneng gitu rasanya bisa kumpul kayak gini untuk sholat Idul Fitri Bareng. Sesampainya di Musholla kita sholat. Setelah sholatpada baca do’a bareng. Dan ada nih satu tradisi yang selalu ada tiap Lebaran tuh kita pulang mesti bawa yang namanya “Berkat”. Pada tau nggak maksudnya, itu sejenis makanan(yaa memang makanan) namanya Lodho Ayam + nasi gurih + urap + sambel goreng tempe/kentang + mie goreng. Itu biasanya dibungkus pake daun pisang. Itu tuh yang bikin ngangenin, soalnya di Balikpapan mana ada yang kayak gitu. Biasanya abis  dapat berkat th, kita dirumah makan bareng, setelah kenyang baru tuh maaf – maafan bareng yang muda minta maaf ke yang lebih tua. Abis itu yaa foto – foto bareng sambil nunggu tetangga yang dateng untuk silahturahmi.

Sudah ku bilang kan tadi, di Jawa itu beda banget deh ama di Balikpapan, dari suasana, keadaan, tradisi, dkk. Itu dah terlihat beda buaanngeet!. Kenapa bisa beda, karena di sini itu kalau pas lebaran itu raaaameee banget, sampe rumah nih nggak cukup. Apalagi nih kalau pas lebaran kan anak – anak itu identik dengan “Angpao” itu sudah pasti ada di rumah ku. Jadi, seharian itu rumah ku itu rame dipenuhi oleh orang yang mau bersilahturahmi ke rumah ku, jadi cuma sore hari aja kita bisa gantian keliling ke rumah tetangga – tetangga. Kalau nggak salah lebaran ketiga, kami sekeluarga pergi ke Alun - alun kota Trenggalek. Sekedar info nih, Alun - alun itu artinya pusat kota, biasanya disana itu rame orang ngumpul-ngumpul kalau pas malem mingguan tuh. Tapi, kita kesana itu pas pagi - pagi. Eh, nggak sengaja pas lewat ada DOKAR, adekku nangis tuh minta naik dokar dan akhirnya ibu ku nurutin deh permintaan adekku itu. Jadi, ibuku nyewa dokar suruh nganterin aku sama kedua adekku dari pinggir kota sampe ke alun-alun kota, gituu...

Sebenarnya kita kesana itu dalam rangka bersilahturahmi ke rumah saudaranya Bapakku aja. Yaah, biarin aja deh buat nyenengin hatinya adekku, biar gak rewel aku rela-relain naik dokar.
       Kira – kira ada 5 hari gitu di rumahnya mbah, rasanya baru sehari aja aku disana, aku dan keluargaku sudah harus balik ke Surabaya. Soalnya hari senin aku dah harus masuk sekolah. Untuk ninggalin mbah itu rasanya nggak tega, terutama mbah putri sudah sepuh banget, jadi sedih gini. Supaya embah putri nggak sedih, jadinya kita foto bareng deh, buat menghibur mbah putri yang sedang sedih...

Setelah berpamitan, akhirnya beliau pun ikhlas membiarkan kami untuk pergi. Di perjalanan ke Surabaya itu, Sumpah!! Macet banget, huft! Serasa lautan motor, dan mobil nih. Sesampainya di Surabaya, kami menginap di rumah Pakde ku, pakde Toyo. Sampe disana kita silahturahmi bareng, dan kayaknya udah malam jadi kegiatan berikutnya kita lanjutkan besok.
    Esok paginya, adekku, Rama minta dianterin ke Kebun Binatang Surabaya. Jadinya, kita turutin deh apa maunya itu. Mbak Vivi itu kan kerjanya di Surabaya, jadi dia balik ke Surabaya 3 hari lalu, jadinya ketemu lagi deh pas kita mau berangkat ke Kebun Binatang. Oh ya, mbak Vivi itu dateng nggak sendiri. Dia dateng sama dek Bella. Dan kita ajak aja sekalian ke sana bareng – bareng.
    Sesampainya di Kebun Binatang kita semua beli tiket dulu di loket tiket, sebelum masuk aku mau beli kacang nih. Untuk ngasih makan kera, dan monyet. Setelah itu kita masuk bareng – bareng. Di sana ada banyak banget binatang – binatang langka, ada unta, beruang, gajah, kuda, kera ekor panjang, kudanil, harimau, beruang madu, dsb.

Keadaan kebun binatang saat itu sangat ramai, soalnya kan hari libur sekolah pastilah rame banget. Aku dan keluargaku sempat berfoto – foto dengan hewan di sekitar kebun binatang.

Setelah puas berkeliling – keliling, kami semua lelah dan akhirnya kami pulang kembali ke rumah untuk mempersiapkan barang yang kami butuh kan untuk pulang ke Balikpapan, besok.

Esok paginya, kami bangun pagi – pagi sekali dan segera mempersiapkan kebutuhan dan barang untuk menuju ke Bandar Udara Juanda jam 6.00 pagi karena pesawatnya berangkat jam 8.15 pagi, kita kan sudah harus ada bandara untuk Check-in 2 jam sebelum keberangkatan. Kami sekeluarga pulang menggunakan pesawat yang sama sewaktu kami berangkat. Untung saja pesawat tidak delay jadi kami bisa sampai Balikpapan tepat pada waktunya.
    Temen – temen, itu tadi merupakan cerita pengalamanku selama liburan. Tapi kalau kalian tanya liburanku yang sekarang itu sama asyiknya kok, hanya saja itu kan liburan nya diluar kota kalau yg sekarang kan hanya di rumah.  Selama aku di rumah, itu aku bantuin emak ku buat kue-kue lebaran, lho. Antara lain :

Nah yang disamping itu aku beri nama "Cheese Nastar" itu rasanya Ueenak teenaann =)

Kalau yang satu itu, namanya "Kacang Mente" emang sih aku nggak bikin sendiri. Aku beli di swalayan terus digoreng sendiri. Tapi tetep Maaknyuuss...

Yang terakhir nih namanya "Snow White Cookies / Kue Putri Salju". Kenapa di kasih nama putri salju karena penuh dengan gula putih yang seutih salju. Rasanya Toop Markootopp...

Selain itu, masih banyak lagi kue-kue lebaran di rumahku. Kalau disebutin juga gak cukup nih blogku. Oh ya, aku nggak hanya cuma stay at home aja, tapi aku juga jalan-jalan ke mall buat beli baju lebaran. Sebenarnya lebaran itu nggak harus wajib punya baju baru, yang wajib itu hatinya yang harus bersih dan baru.
    Sekian ceritaku kali ini, semoga ceritaku bisa mengingatkan liburan kalian yang lalu serta menginspirasi kalian untuk lebih kreativ lagi. Mohon maaf jika saya ada salah-salah kata makasih sudah mau baca cerita ku ini, yaah walaupun Cuma sekilas baca aja...

Kami sekeluarga mengucapkan :

MINAL AIDHIN WAL FAIDZIN
MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

"semoga amal ibadah kita dibulan ramadhan bisa di terima oleh ALLAH swt. dan dosa - dosa kita yang lalu bisa terhapuskan, AMIN"

Terima Kasih semua, Thank's everybody, Gahamshamnida ....=))