Read more: http://myhafiezers.blogspot.com/2011/10/membuat-salam-penutup-pada-blogger_29.html#ixzz23OWA4rQH

Menentukan Bagian – Bagian Alur dari Sinopsis Laskar Pelangi :

No.
Bagian Alur
Alur
1
Perkenalan
Tahun 1974, di desa Gantong kabupaten Belitong, ketika SD Muhammadiyah terancam ditutup oleh Depdikbud Sumsel jikalau jumlah murid baru tidak mencapai 10 orang, Pak Harfan dan Bu Muslimah lah yang saat itu menjabat sebagai guru disana.

2
Penampilan Masalah
Keterbatasan terlihat jelas dalam kehidupan mereka, namun tak mengurangi semangat mereka untuk belajar. Kedua guru ini menyebut kesebelas anak muridnya itu sebagai Laskar Pelangi.

3
Masalah Memuncak
Banyak hal yang dapat dibanggakan dari kesebelas Laskar Pelangi ini, antara lain: pada perlombaan kesenian dan Cerdas Cermat yang mendapatkan juara 1.

4
Puncak Masalah
Menjelang kelulusan, ayah Lintang meninggal dan membuat Lintang harus putus sekolah untuk menafkahi adik-adiknya. Semua temannya merasa sedih dan kehilangan, namun itu tidak mematahkan semangat mereka untuk tetap bersekolah.

5
Penyelesaian
Tahun 1999, Ikal kembali ke Belitong untuk menemui Lintang dan mengucapkan terima kasih padanya. Karena dia telah memotivasi Ikal untuk selalu belajar agar bisa mendapatkan beasiswa ke Paris yang menjadi impiannya selama ini.


0 komentar:

Posting Komentar